Langsung ke konten utama

10 Inovasi Teknologi Canggih CES 2015

Pada pameran teknologi canggih CES 2015, kami memilih 10 inovasi teknologi canggih yang merupakan pilihan terbaik, dan tentu saja merupakan favorit banyak pengunjung di acara tersebut. Pada daftar ini, terdapat diantaranya wearable (jam tangan), virtual reality, mobil otonom, robot terbang, dan bahkan sampai teknologi masa depan yang akan ada di ruang dapur Anda.
Pameran teknologi CES 2015 sendiri sebenarnya sudah diselenggarakan di Las Vegas dari tanggal 6 hingga 9 Januari kemarin. Banyak pengunjung dari seluruh dunia yang menghadiri acara tersebut. Ya, memang info ini lama, karena saat ini kita bahkan sudah melewati pameran teknologi di Barcelona di ajang MWC yang digelar 2 sampai 5 Maret 2015. Pun begitu, menarik melihat apa teknologi masa depan yang telah dipamerkan di pentas CES 2015.

10 Inovasi Teknologi Canggih CES 2015

Dari berbagai produk perhiasan digital, virtual reality, mobil otomatis hingga teknologi alat memasak, berikut daftar 10 inovasi teknologi canggih masa depanyang telah diperkenalkan di acara Consumer Electronics Show, Las Vegas, 6-9 Januari 2015;
1. Perhiasan Digital LG Watch
LG smartwatch ditampilkan selama acara CES 2015 berlangsung. Jam tangan memiliki fitur smartwatch, namun yang menarik adalah desain dari jam tangan tersebut masih tapi tetap tampilan tradisional. Menurut Reuters, Jam tangan dibanderol sekitar $ 300 USD.
10 inovasi terbaik CES 2015
LG Smartwatch | Credit: Reuters
Selain jam tangan, juga terdapat beberapa perhiasan digital canggih lainnya, seperti gelang pintar, cinci pintar (dibawah), bahkan ada yang termasuk aneh yaitu sepasang kaus kaki yang dilengkapi dengan sensor yang dapat mengumpulkan statistik dari kaki yang tujuannya memberikan saran bagi pengguna-nya untuk memperbaiki kebiasaan berjalan buruk. Terdapat juga jaket digital dengan tersemat LED yang ditempatkan secara strategis.
2. Inovasi Teknologi Canggih dari Robot “Drone”
10 inovasi Terbaik di acara CES 2015
Inovasi teknologi robot drone CES 2015 | Credit: Reuters
CES 2015 memberikan pertunjukan untuk robot “drone” yang juga menawarkan inovasi teknologi hebat. Sebagai contoh, Nixie Wearable Drone, adalah drone yang terbang secara otomatis yang dapat dikontrol oleh pengguna untuk menangkap gambar dengan smartphone atau tablet.
3. Virtual Relaity
Inovasi Teknologi Terbaik CES 2015
inovasi virtual reality
Virtual Reality adalah salah satu segmen yang paling menjanjikan dari teknologi, berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sensasi besar di tahun ini mungkin dimiliki oleh Razer OSVR dan Occulus Rift yang memiliki pengunjung paling banyak diantara kompetitor.
Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar diatas, seorang pria mengenakan headset Oculus VR sedang menjalankan permainan “menembak” dalam sistem virtual reality Virtuix Omni.
4. Mobil Masa Depan Mercedes-Benz
Inovasi Teknologi terbaik CES 2015
Inovasi teknologi canggih, mobil masa depan Mercedes-Benz F015 Luxury | Credit: Reuters
Pada CES 2015, produsen mobil mewah Mercedes telah merilis mobil driveless, mobil otonom, atau juga bisa disebut “self-driving” Mercedes-Bemz F 015 Luxury. Mobil terbaru ini tampak keren dan canggih yang di kemas dalam beberapa display dan dapat dikontrol melalui sentuhan dan gerakan.
Merek lain, seperti BMW juga memamerkan mobil yang dilengkapi dengan sistem ActiveAssist i3, yang mengintegrasikan sensor laser untuk mendeteksi berbagai kemungkinan, termasuk ketika sopir lupa menerapkan rem, sehingga dapat menyelamatkan mobil dari kecelakaan serius. Volkswagen dan Audi juga memamerkan versi mereka sendiri, dan banyak lagi dari produsen mobil lainnya.
5. 3D Food Printing
10 Inovasi Terbaik CES 2015
inovasi 3D printing
Adalah XYZprinting, salah satu bisa disebut sebagai teknologi masa depan yang memamerkan printer 3D yang diaplikasikan untuk industri makanan. 3D Printing ini sebenarnya sudah diresmikan di akhir 2014 dan merupakan mesin pertama percetakan 3D. Anda dapat mendesain dari program sesuai dengan keinginan termasuk kombinasi bahan-bahan sumber yang diberikan sebagai masukan dan juga dapat menyesuaikan jumlah kalori dan lain sebagainya sesuai dengan inputan yang diberikan ke 3D Foot Printing.
6. Inovasi Teknologi Alat Memasak
10 inovasi teknologi terbaik di CES 2015
inovasi teknologi alat memasak
Whirlpool memamerkan di acara teknologi CES 2015 apa yang disebut sebagai alat memasak tahun 2020. Dalam konsep tersebut, mereka menampilkan bagaimana dapur Anda akan terlihat seperti “dapur digital”, karena disana seluruh permukaan dapur akan berubah menjadi layar sentuh yang kemudian dapat diintegrasikan dengan pemilik dapur melalui video, teks dan bahkan lewat jejaring sosial. Ya, era Internet of Thing yang saat ini sudah dimulai, didukung teknologi 5G yang akan hadir di tahun 2020, merupakan 2 alasan yang tepat untuk mengenalkan konsep alat memasak digital, sehingga nanti tahun 2020, nama Whirlpool sudah menggema di seluruh dunia. Whirlpool menjelaskan bahwa pengguna akan dapat menempatkan wajan atau panci di mana saja pada permukaan layar dan secara otomatis akan mendeteksi panci dan mulai memanas. Keren bukan? Saatnya kita menabung untuk membeli alat ini sebagai hadiah untuk istri atau ibu tercinta. Setuju?
7. Cermin Canggih Panasonic
10 inovasi teknologi terbaik CES 2015
inovasi teknologi cermin canggih
“Asisten Pribadi”. Ya, itulah tujuan dari sebagian besar teknologi di ranah gadget, digital, komputer dan elektronik. Salah satunya adalah “cermin canggih” yang diperkenalkan oleh Panasonic. Cermin ini telah diresmikan oleh Panasonic, dipamerkan di CES 2015. Tujuan dari ceermin canggih tidak lain sesuai dengan prinsip seorang ‘asisten’, seperti misalnya; Anda duduk di depan cermin, dengan perintah tertentu, cermin akan secara otomatis memberikan saran banyak pilihan makeup. Juga akan seperti “demo wajah”, dengan kata lain, silahkan mbak, tante, ibu.. melakukan percobaan tertentu untuk wajah Anda, setelah semua OK, baru ‘action’, atau sebelum Anda benar-benar menggunakan make-up, riasan dan lain-lain. Jadi, sebagai istri modern, sepertinya Anda harus meminta suami Anda untuk memesan cermin digital ini :-)
8. Televisi 4K
10 Inovasi Teknologi di CES 2015
inovasi teknologi Display
Proses menuju era resolusi UHD 4K sepertinya sudah benar-benar terlaksana, pasalnya Samsung, LG dan vendor HDTV lainnya mulai memproduksi secara massal televisi 4K setelah tahun 2014 kemarin mengalami pertumbuhan. Sony, Sharp, Panasonic meluncurkan 4K TV mereka sendiri selain memperkenalkan paket lain sebagai pendukung seperti pemutar DVD dan banyak produk elektronik lainnya. Samsung meluncurkan standar penamaan SUHD, yang punya teknologi nano-kristal. Sony merilis TV 4K yang lebih ramping dari smartphone. TV ini juga berhasil berjalan pada sistem operasi Android.
9. Chipset (System on Chip) Nvidia Tegra X1
10 inovasi Teknologi terbaik CES 2015
CEO Nvidia memperkenalkan Tegra X1, Chipset tercepat | Credit: Reuters
Intel, Nvidia, ARM Holdings, Qualcomm, Imagination Technologies, bahkan sampai MediaTek memamerkan chip mereka masing-masing. Khusus untuk chip jenis SoC (System on Chip) dimana dalam satu paket sudah terdapat minimal CPU dan GPU dan beberapa sudah termasuk modem, Nvidia merupakan pembuat chip paling inovatif dengan menampilkan apa yang disebut “Tegra X1″, sebuah chip dengan CPU Octa Core 64-bit dan memiliki GPU 256-core. Diklaim merupakan chipset tercepat yang pernah ada (khusus chipset untuk “mobil device” dan “auto car”, bukan untuk komputer).
10. Cincin Canggih Otomatis
Inovasi Teknologi terbaik CES 2015
Inovasi Teknologi Cincin Canggih | Credit: Reuters
Dengan cincin canggih otomatis ini, Anda akan dapat di integrasikan dengan ponsel ataupun tablet yang mendukung. Setelah itu Anda bisa menghubungkan dengan perangkat rumah yang mendukung sensor tertentu. Cincin bekerja melalui gerak tubuh, yang dapat Anda atur untuk melakukan tindakan tertentu atas perintah. Anda dapat melakukan hal-hal seperti kontrol lampu, TV, dan perhiasan digital dan perangkat rumah pintar lainnya.
Itulah beberapa produk terbaik yang merupakan inovasi teknologi masa depan yang kami anggap canggih dan terbaik dari beberapa gadget dan produk lain yang ditampilkan.  Kalau kita amati, semua produk ditujukan untuk mendukung terciptanya Internet of Things. Seperti yang Anda lihat, bahwa semua perangkat yang diperkenalkan akan “terhubung” satu sama lain dengan program-program dan sensor-sensor tertentu, yang berarti akan membutuhkan konektivitas seperti bluetooth, Wi-Fi dan tentu saja jaringan internet 3G, 4G dan teknologi 5G yang sedang ditunggu.

Artikel Terkait:

Komentar

Postingan Populer 7 Hari Terakhir:

50 Foto Dari 10 Tempat Unik Nan Eksotis di Bumi Yang Akan Memanjakan Matamu!

Hey para pecinta alam dan traveling! Udah bikin travel list buat liburan belum? Atau kamu lagi suntuk gara-gara belum bisa liburan bareng teman-teman? Nah, kali ini Hipwee ingin berikan foto – foto tentang 10 tempat ajib yang mungkin saja bisa menghibur suntukmu, atau tempat-tempat yang bisa jadi inspirasi untuk travel list kamu! Mana saja? Lihat nih tempat-tempat di bawah ini. Pokoknya mata kamu bakalan seger sehabis lihat foto-foto superb berikut! 1. Aogashima, Jepang Aogashima, Jepang via  3.bp.blogspot.com Aogashima dari udara via  www.uniworldnews.org Salah satu bagian pulau Aogashima via  disfrutatuviaje.files.wordpress.com Bagian dalam Aogashima via  1.bp.blogspot.com Gunung api yang ada di Pulau Aogashima via  lh3.ggpht.com Foto – foto di atas adalah foto dari Pulau Aogashima, salah satu pulau yang masuk dalam wilayah Jepang walaupun jaraknya dari Tokyo mencapai 358 km. Pulau ini unik karena di dalam pulau ini terdapat gunung berapi Aogashima d

7 Cara Nembak Cewek Ala Programmer

Pernah gak sih kalian para cowok yang lagi suka sama cewek tapi gak berani ngungkapin karena takut ditolak atau karena cewek gebetan kamu itu cowok? Coba deh pake cara "hacking" berikut ini, kali aja dari responnya kita tahu duluan dia suka kita apa nggak, atau paling nggak ngasih kode ke gebetan kalo kita suka dia. Tanpa nembak. Dan ini lebih aman. Karena pasti gak bakalan ditolak. Kan kita gak nembak... :D Sniffing Cara pertama ini memang membutuhkan skill agak diatas rata-rata. Karena pertama kita harus membajak jaringan si gebetan. Jadi usahakan ajak gebetan nongkrong di hotspot area. Trus "sniff" jaringan yang dipake sama gebetan. Klo udah, coba perhatikan website-website apasaja yang dia buka. Lalu cari tahu kesukaan dia. Beri dia surprise dengan "sesuatu yang dia sukai yang dia tahu kalo yang dia sukai itu hanya dia sendiri yang tahu" Pasti surprise banget tuh. Karena gak bakalan nyangka kalo kamu "tahu sesuatu yang dia s